Tren Strategi Efektif Digital Marketing Tahun 2023

Digital marekiting di tahun ini sangatlah diminati oleh pelaku usaha. Disamping memudahkan pelaku usaha dalam mencari pelanggan potensial juga dapat mengembangkan usaha lebih cepat dan effektif. Pada artikel singkat kali ini akan membahas mengenai beberapa tren strategi digital marketing tahun 2023.

  1. Penggunaan SEO
    Penggunaan SEO pada digital marketing saat ini sudah berkembang pesat. banyaknya perubahan yakni terjadi pada search engine atas pembaharuan akhir akhir ini. Salah fitur yang wajib di pahami adalah penggunaan kata kunci yang lebih akurat.
    Setiap algoritma baru di tambahkan dengan maksud untuk membantu pengguna mendapatkan hasil yang spesifik atas apa yang diinginkan. Jadi selaku pemilik usaha sangatlah harus memahami hal ini guna membidik pelanggan potensial dan pelanggan baru.
  2. Konten Video Pendek Adalah Cara Ampuh Dapatkan Pelanggan Baru
    Tahun 2022 ini banyak perusahaan memanfaatkan suatu konten video pendek untuk menarik pelanggan potensialnya. Sebuah survei yang dilakukan oleh Wyzowl menunjukkan bahwa sekitar 95% orang telah menonton video yang menjelaskan produk atau layanan mereka. Melalui penerbitan video buatan sendiri, perusahaan dapat terlibat langsung dengan pelanggan mereka dengan secara aktif memberikan informasi yang mereka inginkan.
  3. Hyper Targeted Advertising
    Banyak perusahaan yang menggunakan iklan dan SEM (Search Engine Marketing) sebagai alat bantu dalam mempromosikan produk dan jasanya. Pada tahun 2022 banyak para pemilik usaha telah menggunakan cara ini. Saking banyaknya penggunaan iklan ini, yang terjadi adalah banyak yang terdapat iklan yang tidak tertarget dan tidak sesuai dengan audience yang diinginkan. Olah karena itu Hyper Targeted Advertising di perlukan. Hyper Targeted Advertising merupakan strategi pemasaran dimana Anda mengidentifikasi target pelanggan dengan jelas dan menyampaikan pesan yang sangat relevan di tempat yang kemungkinan besar akan mereka lihat. Sebagai contoh jika produk Anda terus secara konsisten mengirim pesan advertisement,maka 36% akan merespons dengan membeli produk. Di tahun depan, strategi ini banyak digunakan karena lebih menajanjikan dalam hal pencarian pelanggan baru.
  4. Penggunaan aplikasi Pesan pribadi
    Anda tahu aplikasi Whatsapp dan sejenisnya?… Aplikasi ini kini dapat dimanfaatkan untuk lebih menjangkau dan follow up pelanggan yang loyal terhadap produk Anda. Di pertengahan 2022 banyak perusahaan mengalihkan fokus mereka pada bagaimana cara memanfaatkan aplikasi pesan pribadi dengan lebih baik. Beberapa brand besar sudah menjalani percobaan dalam melakukan monetisasi aplikasi pesan seperti Whatsaap, Telegram, dsb sehingga pelanggan dapat membeli produk secara langsung dalam aplikasi pesan tersebut.
  5. Penggunaan Artificial Intelligence
    Tahun 2022 adalah sebuah awal maraknya penggunaan Artificial Intelegence (AI). Banyak AI dipakai untuk mempermudah pekerjaan manusia salah satunya AIyang di lengkapi suatu software layaknya sales seperti manusia. Sebut saja Alexa dan Siri, suatu asisten suara yang memberikan layanan pelanggan yang sangat baik. Sama seperti manusia, mereka juga dapat menerima pesanan dari pengguna dan bekerja di belakang layar atas nama mereka. Robot AI melakukan ini dengan menggunakan sensor dan input manusia untuk mengumpulkan fakta tentang suatu situasi dan juga dapat mengumpulkan / menyimpan data pencarian untuk meningkatkan pengalaman masa depan pengguna. Dengan adanya fitur tersebut, pengalaman pelanggan terasa lebih mudah dan mudah mencari hal yang dinginkan.
  6. Transparansi kepada pelanggan
    Penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang menghasilkan informasi yang transparan dan mudah dicerna cenderung mempertahankan 94% pelanggan mereka. Namun, bagaimana Anda menangani data pribadi pelanggan sangat penting. Pada 2018, kebijakan GDPR lebih aktif ditegakkan untuk memastikan bahwa perusahaan menangani data pelanggan secara transparan. Berarti bahwa akan ada lebih banyak penekanan pada ini di masa depan; perusahaan akan diminta untuk sepenuhnya transparan tentang jenis informasi apa yang dibagikan untuk mempromosikan produk mereka.
  7. Pelajari Perilaku Konsumen Anda.
    Seiring dengan menjaga pelanggan yang sudah ada, bisnis Anda juga harus secara aktif membawa pelanggan baru juga. Berikut ini tips untuk menggaet pelanggan baru. Perusahaan atau pemilim usaha harus bekerja dengan influencer: Baru baru ini, penelitian menunjukkan bahwa sekitar 86% wanita harus berkonsultasi dengan media sosial sebelum memutuskan suatu produk. Dan ini penting – konsumen ingin merek jujur, ramah, dan membantu. Jika suatu merek mendapat umpan balik positif dari pengguna lain, maka itu kemungkinan akan mendatangkan pengguna baru.
idei
admin

Tinggalkan Balasan