Analisis Efektivitas Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBCHT) di Jawa Timur
Evita Soliha Hani dan Mustapit
Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember
Abstrak: Kekhawatiran adanya tumpang tindih dalam penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai
Hasil Tembakau (DBHCHT) muncul karena banyaknya Satuan Kerja (Satker) yang mendapat
alokasi dana tersebut dan banyaknya isu penyalahgunaan dana DNHCHT, sehingga perlu
dilakukan monitoring dan evaluasi agar dapat diketahui dan diantisipasi serta diberikan solusi
terhadap permasalahan-permasalahan yang muncul. Salah satu metode monitoring dan
evaluasi adalah dengan mengukur efektivitas penggunaan dana tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji kesesuaian penggunaan DBHCHT dengan Peraturan Menteri
Keuangan Nomor: 181/PMK.011/2009 dan efektivitas penggunaan DBHCHT. Daerah penelitian
ditetapkan secara stratified random sampling berdasarkan klasifikasi besarnya penerima
DBHCHT. Respondennya adalah Satker penerima DBHCHT. Alat analisis yang digunakan
adalah indeks kesesuaian dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Indeks
Kesesuaian program DBHCHT terhadap Permenkeu No:84/PMK.07/2008 di Jawa Timur pada
penerima DBHCHT klasifikasi sedang (0,97) adalah lebih tinggi dibanding klasifikasi kecil
(0,94) dan besar (0,82). Apabila mengacu pada penyerapan dana, maka diperoleh indeks
kesesuaian program DBHCHT penerima DBHCHT klasifikasi kecil (0,92) merupakan tertinggi
dibanding penerima DBHCHT klasifikasi besar (0,80) dan sedang (0,58) dan (2) Efektivitas
output DBHCHT rata-rata menunjukkan adanya capaian output target tidak maksimal dan
hasil analisis mendapatkan nilai efektivitas output sebesar 0,63.
Kata kunci: Dana Bagi Hasi Cukai (DBHCHT), Efektivitas, Indeks Kesesuaian Program
Analisis Keputusan Pendanaan Pesaing, Keputusan Pendanaan Perusahaan, Keputusan Investasi, Cost of Fund dan Kinerja Bank Perkreditan Rakyat (Studi pada PT BPR Jatim Sejawa Timur)
Sri Sutrismi
Universitas Tulungagung
Abstrak: Analisis Keputusan Pendanaan Pesaing Terhadap Keputusan Pendanaan Perusahaan,
Keputusan Investasi, (Cost of Fund) dan Kinerja Bank pada PT. Bank Perkreditan Rakyat
Jawa Timur se Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keputusan pendanaan
pesaing berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pendanaan perusahaan, (2) Keputusan
pendanaan persaing berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi (3) Keputusan
pendanaan perusahaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan investasi (4) Keputusan
pendanaan berpengaruh tidak signifikan terhadap Cost of Fund (5) Keputusan investasi
berpengaruh tidak signifikan terhadap Cost of Fund (6) Keputusan pendanaan berpengaruh
signifikan terhadap kinerja Bank (7) Keputusan investasi berpengaruh signifikan terhadap
kinerja bank (8) Cost of Fund berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja bank. Hasil
temuan penelitian ini dapat mengungkapkan peluang maupun ancaman faktor external dan
mengungkapkan kelebihan maupun kelemahan faktor internal dalam pembuatan strategi
untuk meningkatkan kinerja Bank perkreditan Rakyat.
Kata kunci: keputusan pendanaan pesaing, keputusan pendanaan perusahaan, keputusan
Investasi, Cost of fund, kinerja BankPerkreditan rakyat
Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Service PT Auto 2000 di Surabaya
Sukesi1 dan Hadi2
1Fakultas Ekonomi Universitas Dr. Soetmo Surabaya
Abstrak: Menyadari pentingnya peran pelanggan dan erat pengaruhnya terhadap kualitas
pelayanan maka, perusahaan mencari cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan karena
kepuasan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya, yaitu kualitas layanan. Demikian
halnya PT AUTO 2000 Cabang Sungkono Surabaya adalah perusahaan yang bergerak di
bidang jasa dan merupakan salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia sangat
peduli terhadap eksistensi dalam mempertahankan kepuasan pelanggan. Selain meningkatkan
penjualan, lokasi yang strategis PT AUTO 2000 juga selalu mengutamakan kualitas pelayanan
kepada pelanggan. Sebagai rumusan masalah apakah faktor-faktor kualitas pelayanan berpengaruh
terhadap kepuasan pelanggan, dan sejauh mana signifikansi faktor kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT AUTO 2000 cabang Sungkono Surabaya?.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, serta untuk menganalisis signifikansi pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT AUTO 2000 cabang Sungkono Surabaya.
Faktor-faktor kualitas pelayanan meliputi bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan
empati, sedangkan kepuasan pelanggan adalah hasil yang dirasakan pelanggan setelah
menerima pelayanan seperti yang diharapkan. Sampel yang digunakan selama penelitian
berlangsung memenuhi karakteristik sebagai berikut: 1) Responden yang melakukan service
kendaraannya di bengkel AUTO 2000 cabang Sungkono Surabaya selama satu tahun terakhir
minimum tiga kali; 2) Responden berusia minimal 17 tahun dengan pendidikan minimal SMU
sederajat. Model analisis regresi yang dihasilkan Y = -0.721 + 0.598 + 0.681 X1 + X2 + X3 0.431
0.139 + 0.089 X4 X5, dengan uji parsial (uji t) dari lima faktor kualitas pelayanan tingkat
signifikansi α < 0,05, maka dapat disimpulkan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci: Kualitas pelayanan, dimensi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Pengaruh Komitmen Akademik dan Lingkungan Kerja Terhadap Tanggung Jawab Profesi dan Motivasi Dosen pada Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah VII Jawa Timur
J.V. Budi Kartono
Universitas WR. Supratman Surabaya
Abstrak: tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan membuktikan
pengaruh komitmen akademik dan lingkungan kerja terhadap tanggung jawab profesi
dan motivasi dosen PTS pada Kopertis wilayah VIII jawa Timur. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh dosen tetap Kopertis Wilayah VII Jawa Timur. Jumlah
sampel sebanyak 143 responden yang diambil dengan menggunakan teknik sampling
multi stage. Teknik analisis menggunakan Structural Equation Modeling dengan
bantuan software AMOS 20. Hasil penelitian menjelaskan bahwa (1) komitmen
akademik berpengaruh terhadap tanggung jawab profesi dosen (2) lingkungan kerja
berpengaruh terhadap tanggung jawab profesi dosen (3) komitmen akademik
berpengaruh terhadap motivasi dosen (4) lingkungan kerja berpengaruh terhadap
motivasi dosen (5) tanggung jawab profesi berpengaruh terhadap motivasi dosen.
Kata kunci: komitmen akademik, lingkungan kerja, tanggung jawab profesi, motivasi
Kepuasan Konsumen yang Dipengaruhi oleh Kualitas Layanan dengan Brand Image Sebagai Variabel Perantara: Studi Kasus pada Konsumen Rumah Sakit Swasta di Kota Surabaya
Thomas S. Kaihatu
Program Pasca Sarjana, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia
Abstrak: Kualitas layanan merupakan salah satu hal yang penting dalam sebuah industri jasa,
khususnya dalam industri rumah sakit. Kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh kualitas
layanan yang diberikan, dan peran sebuah brand image juga dapat menjadi sebuah perantara
bagi terciptanya kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Mode
(SEM) berbasis Partial Least Square (PLS) untuk menjawab rumusan masalah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen dan brand image, akan tetapi brand image berpengaruh secara positif
namun tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen, sehingga brand image tidak terbukti
sebagai variabel perantara bagi kualitas layanan dan kepuasan konsumen.
Kata kunci: Kualitas layanan, brand image, kepuasan konsumen, rumah sakit
Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Surabaya
Ali Maskun
Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Abstrak: Pada era Globalisasi saat ini dengan persaingan yang ketat keberhasilan sebuah
organisasi tergantung dari banyak faktor. Pada saat ini dunia pendidikan semakin mengalami
kemajuan seiring dengan kemajuan teknologi. Hal ini menyebabkan setiap dunia pendidikan
baik formal maupun non formal berusaha lebih keras lagi untuk mempertahankan
kelangsungan usahanya bahkan kalau bisa dapat lebih berkembang. Dan untuk mempertahankan
kontinuitas organisasi dalam dunia pendidikan banyak hambatan yang dihadapi karena
adanya perubahan yang terjadi di sekelilingnya. Oleh karena itu organisasi dalam dunia
pendidikan perlu melakukan upaya misalnya dengan menyesuaikan diri terhadap perubahanperubahan
yang terjadi didalam maupun diluar organisasi pendidikan, serta mengupayakan
agar sumber daya yang dimiliki dipergunakan secara efektif dan efisien sehingga organisasi
pendidikan akan mampu bersaing dengan organisasi pendidikan yang lainnya. Setiap sumber
daya manusia dalam organisasi pendidikan dalam hal ini dosen memiliki kepentingan yang
bermacam-macam, kadang kepentingan dosen satu dengan yang lain berbeda. Bila perbedaan
yang ada tidak dipahami dan diatur dengan baik maka ada kemungkinan menimbulkan
dampak negatif yang dapat mengganggu kelancaran proses belajar mengajar di kampus. Oleh
sebab itu dibutuhkan seorang yang dapat mengatur dan mengendalikan berbagai perbedaan
kepentingan / kebutuhan dari para dosen. Penggunaan sumber daya manusia yang efektif dan
terarah merupakan kunci ke arah peningkatan kinerja pegawai. Salah satu upaya dalam
meningkatkan kinerja pegawai tersebut adalah dengan memperhatikan kepuasan kerja
pegawai. Sebab kepuasan kerja yang baik dapat menciptakan kultural dan sosial tempat
berlangsungnya kegiatan ke arah tujuan organisasi. Dengan latar belakang yang telah
diuraikan diatas maka dicoba untuk menelitinya.
Kata kunci: Motivasi, kepuasan kerja, kinerja pegawai.
Perubahan Budaya Organisasi Sebagai Konsep Strategi Bersaing: Jawaban atas Perkembangan Information Technology (IT)
Sundring Pantja Djati
Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia
Fauzan
Fakultas Ekonomi Universitas Kanjuruhan Malang
Abstrak: Budaya merupakan system makna yang diterima secara terbuka dan kolektif yang
digunakan dalam satu kelompok orang tertentu dan pada satu waktu tertentu pula, yang mana
budaya ini menjadi pola berpikir dan bertindak yang tercermin dalam aktivitas kehidupan
manusia. Sehingga budaya organisasi merujuk pada pengertian di atas merupakan identitas
atau karakteristik bagi sebuah organisasi. Karakteristik ini menjadikan sebuah organisasi
mempunyai respon yang berbeda dengan organisasi lain ketika kedua organisasi tersebut
menghadapi masalah yang sama. Perkembangan teknologi informasi membawa konsekuensi
pada perubahan budaya organisasi. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui
perubahan budaya organisasi yang disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi sebagai
konsep strategi bersaing. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah kajian pustaka
secara mendalam terhadap isyu-isyu perkembangan teknologi dan perubahan budaya organisasi.
Kata kunci: Budaya organisasi, konsep strategi bersaing, IT