Kaleidoskop 2020 : Indonesia Resesi

Pandemi Covid 19 di sepanjang 2020 tak hanya membuat kesehatan menjadi lemah melainkan ekonomi dunia menjadi lemah. Akibat dari pandemi ini banyak perekonomian dunia yang masuk ke dalam jurang resesi ekonomi, salah satunya Indonesia.

Indonesia selama dua kuartal berturut turut ekonomi Indonesia mengalami kontraksi. BPS mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal ke-II di tahun 2020 mencapai minus 5,32%, Sedangkan pada kuartal ke-III, BPS melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia anjlok menjadi minus 3,49%. Menurunnya pertumbuhan Ekonomi ini berdampak pada penggangguran. Data BPS mencatat terjadi peningkatan penggangguran selama pandemi Covid 19 yakni dari  2,67 juta orang menjadi 9,77 juta orang pada kuartal III-2020.

Resesi ekonomi ini juga mengakibatkan banyak para pekerja yang dirumahkan tanpa digaji sedangkan kamar dagang dan industri mencatat sebanyak 32,60% pengusaha melakukan efisiensi jam kerja. Pekerja yang dirumahkan tanpa digaji sebanyak 17,06%. Pekerja yang diberhentikan 12,80%, dirumahkan tapi dibayar sebagian sebesar 6,45%. Sedangkan pekerja yang dirumahkan tapi dibayar penuh hanya 3,69%.

 Semoga ditahun depan perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.  

Sumber : beritaterkini.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+