Lima Tips Hadapi Ekonomi Gig

Menghadapi era ekonomi gig, semua pihak seyogyanya mempersiapakan diri dan mengantisipasinya. Berikut disajikan tips yang dapat dilakukan untuk menghadapi tren tersebut:

1. Persiapkan dan perbaharui portofolio terbaik Anda

Portofolio menjadi dokumen yang sangat krusial pada era ini. Ingat, Anda akan bersaing dengan banyak orang untuk memperebutkan suatu posisi di perusahaan. Jadi, semakin baik portofolio Anda, maka peluang Anda dilirik oleh perusahaan akan semakin tinggi. Sekarang sudah banyak website portofolio daring seperti Behance, Dribble, Coroflot, Cargo, atau Carbonmade. Anda dapat memanfaatkan laman-laman tersebut untuk dapat “memasarkan diri” Anda. Jika Anda berprofesi sebagai desainer, penulis, dan fotografer, portofolio akan sangat membantu Anda.

2. Berwirausaha

Pekerjaan freelancer membuat Anda tidak dapat bergantung hanya pada pekerjaan di perusahaan dalam segi finansial. Tidak seperti zaman ekonomi traditional, pada era ini, tidak ada yang dapat menjamin pendapatan Anda. Bagaimana jika secara tiba-tiba kantor Anda bangkrut? Tidak akan ada kompensasi yang diberikan oleh kantor Anda, karena status Anda yang hanya sebagai freelancer. Oleh karena itu, Anda perlu mencari sumber penghasilan lain, contohnya dengan berwirausaha. Rekan kerja dapat memanfaatkan berbagai marketplace daring untuk berwirausaha. 

3. Pelajari berbagai bahasa asing

Bahasa asing sangatlah penting karena pada zaman globalisasi ini, seluruh dunia menjadi terhubung tanpa sekat. Klien maupun perusahaan Anda dapat berasal dari berbagai negara. Dengan demikian, semakin menguasai berbagai bahasa, Anda akan semakin mudah dalam berkomunikasi tanpa terhambat kemampuan berbahasa. Hal ini sangat menjadi nilai lebih Anda. Sudah banyak aplikasi belajar bahasa yang dapat digunakan seperti Duolingo, Memrise, atau Hello Talk.

4. Kembangkan network

Dengan networking yang kuat, Anda dapat memperkuat posisi dan juga menjadi selangkah lebih maju dalam karier karena bisa saja seseorang dapat merekomendasikan Anda untuk mengisi lowongan tertentu. Satu hal yangmenyenangkan, Anda dapat langsung menuju proses wawancara tanpa berbagai tahapan seleksi mengalahkan pesaing lainnya.

5. Tetap tingkatkan hardskill dan softskill

Ekonomi gig Emembuat Anda tidak lagi dapat memperoleh berbagai training dari kantor. Namun, itu bukan berarti Anda tidak mengembangkan diri. Maka meningkatkan hardskill maupun softskill harus dikembangkan mandiri dengan berbagai metode seperti mengikuti seminar, membaca buku, ikut konferensi, dan kursus online seperti dengan menggunakan aplikasi ruangkerja.

idei
admin

Tinggalkan Balasan