IDEI, UTP Malaysia, UB Membuat Penyaring Air Layak Minum di Desa Pandansari Lor

Foto: Pertemuan Ketua IDEI Dr. Hary Soegiri, M.B.A., M.Si. bersama Prof. Ridwan, Ph.D selaku perwakilan dari Universiti Teknologi PETRONAS Malaysia (24/9/2022)

Malang – IDEI
Berkolaborasi membangun dan menyejahterakan desa merupakan ungkapan yang tepat untuk kegiatan Insan Doktor Ekonomi Indonesia (IDEI). Kegiatan kali ini IDEI bekerja sama dengan tim kuliah kerja nyata (KKN) dari Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) Malaysia dan tim KKN dari Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Mereka melakukan sosialisasi dan merealisasikan kegiatan pemasangan alat pengolahan air bersih layak minum bagi masyarakat Desa Pandansari Lor, Kec. Jabung, Kab. Malang. Proses pengolahan diterapkan pada sumber air bersih, kemudian difilter dengan menggunakan alat penyaring khusus sehingga dapat layak minum.

Acara pada Sabtu (24 September 2022) tersebut diikuti delegasi dari UTP,UB, dan jajaran perangkat desa setempat, dan warga sekitar. Tuan rumah menyambut positif kegiatan tersebut.

“Saya sangat bersyukur dengan adanya kegiatan ini. Semoga air bersih di Desa Pandansari Lor bisa layak minum bagi masyarakat desa ini. Ke depannya semoga desa kami semakin maju dengan adanya program program yang positif para cendekiawan kampus,” kata Dodik Mulyo Santoso, Kepala Desa Pandansari.

“Saya bersyukur bahwasanya Desa Investasi IDEI Pandansari Lor menjadi yang pertama dalam mencoba alat pengolahan air layak minum ini. Jadi jika program pengolahan air ini sukses maka akan diterapkan di desa-desa di seluruh Indonesia,” kata Dr. Hary Soegiri, M.B.A., M.Si., Ketua IDEI.

Sementara itu Prof. Ridwan, Ph.D selaku perwakilan dari Univeristi Teknologi PETRONAS Malaysia, menyatakan bahagia dan bangga serta berterima kasih karena telah diberi kesempatan untuk datang ke desa ini dan menjalankan secara langsung program yang telah direncanakan bersama-sama. “Semoga dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat khalayak luas,” katanya.

Sedang Mohammad L. Widodo selaku pengurus sekretariat Kec. Jabung menyatakan bahwa di balik indahnya Pandansari Lor, desa ini menyimpan berbagai potensi. salah satunya adalah air sumber. Selama ini pemanfaatan air sumber masih minim sekali. Dengan adanya alat ini, air sumber dapat dikelola untuk air layak minum bagi desa. (Adm-Setyo)

Foto hasil dokumentasi:

idei
admin

Tinggalkan Balasan