Program Food Estate Mampu Kendalikan Inflasi

Program Food Estate mampu kendalikan inflasi, hal ini di sampaikan oleh Prihasto Setyanto selaku Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian RI. Program food Estate ini terbukti dapat mengendalikan inflasi khususnya di Jakarta. Hal ini di karenakan ketersediaan komoditas hasil pertanian cukup di Ibu Kota.

“Melalui pengembangan food estate, kami mendorong agro industri pertanian karena terintegrasi satu dengan lainnya, dari proses budidaya sampai pemasarannya,” katanya di Temanggung, Minggu (18/12/2022).

Mengenai pengembangan program food estate ini, Prihasto menyebutkan bahwasanya program food estate untuk hortikultura, antara lain sudah dikembangkan di Kabupaten Humbang Hasundutan Sumatera Utara, Temanggung dan Wonosobo di Jawa Tengah, Garut di Jawa Barat dan Bantul di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Sekarang sudah berjalan dengan baik ini terbukti kemarin waktu mengalami inflasi cabai dan bawang pada Oktober-November 2022 di Jakarta harga komoditas itu cukup tinggi, cabai bisa mencapai Rp 80.000 hingga Rp 90.000 di Jakarta,” katanya.

Dengan dibantu petani dari program food estate di daerah Temanggung dan Wonosobo, produknya dapat menyerbu ke Jakarta sehingga dapat menjaga inflasi dan dapat menurunkan harga komoditas yang naik.
“Jadi perannya sangat signifikan sejak Presiden Joko Widodo mencanangkan food estate di Temanggung dan Wonosobo tahun 2021 dan kami langsung bergerak bersama dan terbukti bulan Oktober dan November kemarin para petani di sini, pemerintah daerah, dinas pertanian semua bergerak membantu menyuplai pasokan produk ke Jakarta dan Alhamdulillah bisa menekan harga di Jakarta,” katanya.

Sumber
Antara News Jogja

idei
admin

Tinggalkan Balasan