Marak Bisnis Wayang Duplex

Sumber : Screenshoot Facebook Ads dan Google Ads.

Sebuah pandangan tak biasa tertuju pada wayang-wayang yang terjual di media sosial. Terlihat mengkilap membuat takjub dimata. Ya kesan pertama itulah ketika saya melihat beberapa penjual wayang unik di media sosial ini. Banyak sekali lapak yang menawarkannya melalui facebook ads ataupun google ads. Apakah ini salah satu sisi positif dari pandemi? yang membuat orang lebih kreatif demi menyambung hidup.

Jika dilihat di media sosial tersebut wayang dibuat dari bahan sederhana yaitu dari kertas atau kardus duplex. Jika dilihat hampir mirip dengan wayang asli yang terbuat dari kulit sapi. Karena berbahan baku kardus maka harganya menjadi kompetitif, terjangkau oleh masyarakat luas, yaitu mulai Rp. 15 000 sampai Rp 50.000 ber item, Juga dijual secara satu paket. Misalnya paket punakawan dijual Rp. 70.000 dan paket pandawa lima dijuar Rp. 90.000.

Menurut opini pribadi Admin IDE, produksi wayang dengan kertas atau kardus duplex yang dilakukan oleh UMKM di daerah Wonogiri dan sekitarnya itu salah satu bentuk kreativitas yang sangat positif. Karya kreatif ini mampu mengurangi limbah kertas atau kardus duplex yang menumpuk.

Semoga ke depannya terdapat pergelaran wayang yang terbuat dari kertas atau kardus duplex ini, ya… Hitung-hitung juga melestarikan Budaya Indonesia. (ADM-IDEI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+